Selasa, 15 Mei 2012

LAPORAN TIK (KUNJUNGAN TENTANG MS. EXCEL)


BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang

Dalam Microsoft Office Excel terutama Ms. Excel 2007 terdapat lebih dari 300 fungsi yang mencakup berbagai bidang dan digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk perhitungan matematika, logika, statistika, dan sebagainya. Seperti pada beberapa kantor yang menggunakan Ms. Excel dalam pembuatan laporan keuangan atau data yang lain.
Untuk melakukan perhitungan, biasanya menggunakan penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), dll. Dalam hal ini, yang akan dibahas adalah fungsi SUM(), AVERAGE(), MAX(), MIN(), COUNT(), dll. Misalnya SUM untuk mencari jumlah , AVERAGE untuk mencari rata-rata, MAX untuk mencari  nilai maksimum  dan lain sebagainya.
B.   Rumusan Masalah
1.     Apa pengertian microsoft excel !
2.     Apa saja jenis-jenis fungsi dalam Ms.excel !
3.     Bagaimana Penggunaan rumus dalam laporan keuangan di kantor camat Tanete Riattang Barat !



C.   Tujuan Penelitian
*       Untuk Menambah wawasan dan pengetahuan mengenai penggunaan aplikasi Microsoft excel lebih jauh
*       Untuk mengetahui jenis-jenis rumus dalam Ms. Excel yang  digunakan pada Kantor Camat Tanete Riattang Barat
*       Untuk mengetahui penggunaan rumus-rumus dalam pembuatan laporan keuangan Kantor Camat Tanete Riattang Barat




BAB II
PEMBAHASAN
A.     Pengertian Microsoft Excel

           

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah  sebuah program aplikasi  lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007. 
B.     Jenis-Jenis Rumus Dalam Ms.Excel
1.       Fungsi SUM
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM (number1,number2,….). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.
2.       Fungsi MAX
Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai terbesar (maksimum) dari sekumpulan data di Ms.Excel. sebagai contoh, apabila ingin mencari nilai maksimum dari hasil pendapatan penjualan yang diperoleh selama semester pertama .  Misalnya, dari sel B3 sampai B8 untuk diletakkan di B9 maka rumus yang digunakan adalah : =MAX(B3:B8).
3.       Fungsi MIN
Kebalikan dari MAX, fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terkecil (minimum) dari sekimpulan data di Ms. Excel. Misalnya, apabial ingin mencari pendapatan terkecil dari penjualan B3 sampai B8 yang diletakkan di B10 maka rumus yang digunakan adalah : =MIN(B3:B8).


4.       Fungsi AVERAGE
Fungsi AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data di Ms. Excel. Sebagia contoh, apabila ingin mencari rata-rata dari pendapatan penjualan yang diperoleh selama semester pertama (B3 sampai B8) untuk diletakkan di B11, maka rumus yang digunakan adalah : =AVERAGE(B3:B8).
5.       Mencari Akar Suatu Nilai
Nilai akar di Ms. Excel bisa dicari dengan menggunakan fungsi SQRT. Caranya yaitu, dengan menuliskan nilai akar yang dicari, misalnya =SQRT(49) atau mencari akar dari nilai yang terdapat di sel A3 maka dituliskan =SQRT(A3).
Nilai akar pankat tiga, akar pangkat empat, dan seterusnya, bisa dicari dengan menggunakan operator pangkat. Sebagai contoh, seperti yang sudah kita ketahui bahwa akar pangkat tiga sama dengan pangkat 1/3 sehingga untuk mencari akar pangkat tiga yang terdapat di sel A3 dapat dituliskan dengan rumus =A3^(1/3).
6.     Fungsi Count
Fungsi ini digunakan untuk mencari jumlah datadari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah COUNT(number1,number2,….), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari jumlah datanya.
C.     Penggunaan Rumus Dalam Laporan Keuangan Di Kantor Camat Tanete Riattang Barat
Adapun rumus yang digunakan di kantor tersebut, yaitu :
1.     Fungsi SUM
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM (number1,number2,….). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.
2.     Fungsi MIN
Kebalikan dari MAX, fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terkecil (minimum) dari sekimpulan data di Ms. Excel. Misalnya, apabial ingin mencari pendapatan terkecil dari penjualan B3 sampai B8 yang diletakkan di B10 maka rumus yang digunakan adalah : =MIN(B3:B8). 

BAB III
DOKUMENTASI DAN HASIL PENELITIAN

1.       Hasil Penelitian
Pertanyaan :
1.       Rumus apakah saja yang digunakan dalam Laporan keuangan tersebut ?
2.       Apakah kegunaan dari Rumus tersebut ?
3.       Apakah ada kesulitan dalam pembuatan Laporan Keuangan tersebut ?
                                                                 
Jawaban :
1.     Rumus yang digunakan dalam Laporan Keuangan tersebut ada 2 yaitu Fungsi SUM dan Fungsi MIN
2.     Yaitu untuk membantu secara cepat dalam pembuatan saldo dari anggaran yang telah dipertanggungjawabkan
3.     Dalam pembuatan Laporan Keuangan tersebut , kami tidak menemukan sedikitpun kesulitan



2.       Dokumentasi Penilitian


BAB IV
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Setelah kami melakukan penelitian, maka kami dapat menyimpulkan bahwa ada dua jenis rumus yang digunakan dalam Ms.Excel di Kantor Camat Tanete Riattang Barat yaitu, fungsi SUM dan MIN. Adapun fungsi SUM yaitu digunakan untuk  menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range, sedangkan fungsi MIN yaitu digunakan untuk mencari nilai terkecil (minimum) dari sekimpulan data di Ms. Excel. Jadi, dalam aplikasi Microsoft excel sangatlah penting di dalam kehidupan terutama sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas dan untuk membuat laporan keuangan suatu perusahaan, dan lain-lain.

B.     Saran
Dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan laporan keuangan/ Data-data hendaknya menggunakan rumus-rumus yang terdapat dalam Ms. Excel, sehingga dapat dengan mudah dan cepat dalam menyelesaikan pembuatan saldo dari anggaran yang telah dipertanggungjawabkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar